browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

BEASISWA

8 NOVEMBER 2017 NEW

BEASISWA LG ELECTRONICS INDONESIA

Batas Akhir Pendaftaran : 10 November 2017 (dikoordinir fakultas -> Mbak Siti)

DOWNLOAD : Persyaratan Beasiswa LG Electronics Indonesia 2017

20 SEPTEMBER 2017

PARAGON SCHOLARSHIP 2017

Batas Akhir Pendaftaran : 22 September 2017

DOWNLOAD : Formulir PARAGON SCHOLARSHIP 2017

BEASISWA PARAGON

BEASISWA YAYASAN SALIM 2017/2018

Batas Akhir Pendaftaran : 30 September 2017

DOWNLOAD : Form Beasiswa Salim 2017/2018

DESKRIPSI SINGKAT MENGENAI BEASISWA YAYASAN SALIM

  • Besaran beasiswa : Rp. 500.000/bulan
  • Durasi pencairan beasiswa : triwulan sekali, yaitu di bulan November, Februari, Mei, dan Agustus
  • Durasi maksimal penerimaan beasiswa : 12 bulan berturut-turut
  • Ikatan dinas : tidak ada ikatan dinas
  • Mekanisme pencairan beasiswa : Beasiswa dicairkan melalui transfer via rekening bank BCA/Bank Danamon/Bank Permata/Bank CIMB Niaga atas nama mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan

PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/mahasiswi yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa ini diantaranya:

  1. Mengisi formulir pendaftaran (di dalam cd dengan nama file: Beasiswa Universitas Brawijaya – Formulir Pendaftaran Beasiswa Yayasan Salim)
  2. Aktif sebagai mahasiswa/mahasiswi (semester 1-7 di Universitas Brawijaya atau di perguruan tinggi negeri/swasta lainnya)
  3. Nilai minimum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/mahasiswi yang ingin mendaftarkan diri adalah:
    1. Untuk mahasiswa/mahasiswi yang masih semester 1, maka nilai minimal yang harus dipenuhi adalah 7 (nilai rata-rata ujian nasional (UN) dan rapor terakhir di SMU/sederajat)
    2. Sedangkan untuk mahasiswa/mahasiswi yang sedang berada di semester 3 dan seterusnya (4, 5, 6, dst), maka nilai indeks prestasi semester (IPS) minimal yang harus dicapai dalam dua semester terakhir (semester 1 dan 2) adalah 2,8 (note: yang diminta oleh panitia penyelenggara adalah IPS bukan indeks prestasi kumulatif/IPK)
  4. Mahasiswa/i yang akan mendaftar harus berasal dari keluarga yang relatif kurang mampu secara finansial
  5. Mahasiswa/i yang akan mendaftar harus tidak sedang atau belum menerima beasiswa dari sumber lain.
  6. Mahasiswa/i yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari dekan atau wakil dekan.

KEWAJIBAN PENERIMA BEASISWA

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/i yang telah terpilih sebagai penerima beasiswa dari Yayasan Salim yaitu:

  1. Setiap akhir semester, penerima beasiswa wajib melaporkan hasil studinya kepada Yayasan Salim dan laporan ini harus telah mendapatkan pengesahan/legalisir dari perguruan tinggi yang bersangkutan.
  2. Selalu melaporkan detail pembaruan (update) terkait identitas penerima beasiswa kepada Yayasan Salim dan segera menghubungi pihak Yayasan Salim apabila dikemudian hari, mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa berada pada suatu kondisi yang mengharuskan terjadinya perubahan pada salah satu atau beberapa detail identitasnya, seperti: pergantian alamat rumah, kode pos, fakultas, nomor telpon, dan lain-lain.
  3. Khusus apabila mahasiswa/mahasiswa penerima beasiswa berniat untuk mengubah nomor rekeningnya (rekening yang telah didaftarkan kepada Yayasan Salim), maka mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan harus segera melaporkan kepada Yayasan Salim terkait perubahan tersebut sebelum tanggal 15 di setiap bulannya melalui
  4. Mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim hendaknya segera melaporkan diri ke Yayasan Salim apabila yang bersangkutan telah lulus atau memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya hingga lulus.
  5. Mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim wajib untuk tidak menerima beasiswa dari sumber lain (dilarang menerima beasiwa lain selama yang bersangkutan masih menerima beasiswa dari Yayasan Salim).
  6. Mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim sedang tidak berada dalam sebuah ikatan kontrak atau ikatan dinas dari lembaga atau instansi manapun.
  7. Mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim wajib untuk senantiasa mentaati peraturan dan menjauhi larangan yang telah digariskan oleh Yayasan Salim selama yang bersangkutan masih memutuskan untuk menerima beasiswa dari Yayasan Salim.

PERPANJANGAN BEASISWA

Yayasan Salim juga menyediakan opsi bagi mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim yang berkeinginan untuk memperpanjang durasi penerimaan beasiswa Yayasan Salim dengan beberapa kententuan sebagai berikut ini:

  1. Mahasiswa/mahasiswi yang sedang menerima dan ingin memperpanjang durasi penerimaan beasiswa dari Yayasan Salim harus mengajukan permohonan tertulis kepada Yayasan Salim terkaitan keinginannya untuk memperpanjang durasi penerimaan beasiswa.
  2. Mahasiswa/mahasiswi yang sedang menerima beasiswa Yayasan Salim harus menunjukkan bukti tertulis terkait indeks prestasi semester (IPS) pada 2 (dua) semester sebelumnya dengan nilai IPS minimal adalah 2,80.
  3. Yayasan Salim bersedia untuk memberikan perpanjangan durasi penerimaan beasiswa berkali-kali hingga mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan (penerima beasiswa) lulus dari studi S1-nya selama yang bersangkutan masih memenuhi kriteria yang telah digariskan oleh Yayasan Salim.

PENGHENTIAN BEASISWA

Yayasan Salim akan mengentikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa apabila mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan:

  1. Mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan sudah berhasil menuntaskan studi S1-nya (lulus) atau belum lulus namun sudah melampaui semester 10 atau sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan studi S1-nya lagi hingga lulus.
  2. Mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan terbukti tidak memenuhi persyaratan maupun kewajiban sebagaimana yang telah ditentukan oleh Yayasan Salim.
  3. Pada kondisi tertentu, Yayasan Salim dapat menghentikan proses pencairan beasiswa kepada seorang atau beberapa mahasiswa/mahasiswi setelah sebelumnya, Yayasan Salim menerima surat rekomendasi tentang permohonan untuk pemberhentian beasiswa (disertai dengan alasan yang kuat) dari pihak perguruan tinggi di mana mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Salim bernanung.
  4. Pencairan beasiswa Yayasan Salim akan dihentikan secara otomatis apabila durasi kontrak sebagaimana yang disepakati bersama dalam kontrak sebelumnya telah berakhir dan mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan tidak mengajukan perpanjangan.
  5. Apabila dikemudian hari Yayasan Salim menemukan adanya indikasi bahwa mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa ternyata memberikan data maupun informasi yang tidak benar kepada Yayasan Salim selama proses pengajuan permohonan beasiswa atau selama proses penerimaan beasiswa, maka Yayasan Salim berhak untuk memberhentikan proses pencairan beasiswa dan mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan harus mengembalikan semua beasiswa yang telah diterima dari Yayasan Salim.

MEKANISME PENGAJUAN PERMOHONAN BEASISWA

Permohonan baru

Berikut ini adalah mekanisme yang harus dilakukan oleh mahasiswa/i yang ingin mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa dari Yayasan Salim, yaitu:

  1. Mengisi dan mengirimkan formulir permohonan beasiswa kepada Yayasan Salim dengan melampirkan beberapa dokumen berikut ini:
    1. Surat rekomendasi dari Dekan/Wakil Dekan yang menyatakan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan sedang tidak menerima atau tidak akan menerima beasiswa dari sumber lain serta menyatakan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan adalah benar-benar berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan secara finansial.
    2. Bagi mahasiswa/mahasiswi semester 3 wajib menyertakan fotokopi laporan hasil studi pada 2 (dua) semester terakhir yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.
    3. Bagi mahasiswa/i semester 1 wajib melampirkan fotokopi rapor kelas terakhir, surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) dari SMU/sederajat yang mana semua dokumen di atas harus telah disahkan/dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    4. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP).
    5. Fotokopi kartu tanda mahasiswa (KTM).
    6. Fotokopi kartu keluarga (KK) orang tua.
    7. Foto berukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar.

Permohonan Perpanjangan

Bagi mahasiswa/i penerima beasiswa Yayasan Salim dan ingin mengajukan permohonan untuk memperpanjang durasi penerimaan beasiswanya, maka yang bersangkutan harus menyerahkan dua dokumen berikut ini:

  1. Surat rekomendasi dari Dekan atau wakil Dekan yang menyatakan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan masih tetap layak untuk menerima beasiswa dari Yayasan Salim.
  2. Fotokopi laporan hasil studi dari 2 (dua) semester terakhir yang yang menunjukkan bahwasannya nilai minimal untuk indeks prestasi semester (IPS) yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/i yang bersangkutan adalah 2,80 dan dokumen ini harus disahkan (dilegalisir) oleh Perguruan Tinggi.

Keterangan:

  1. Pihak yayasan Salim akan memberikan pemberitahuan secara tertulis terhadap Rektor dan mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan tentang keputusan resmi Yayasan Salim terkait dikabulkan atau tidak dikabulkannya berkas permohonan beasiswa baru atau berkas permohonan perpanjangan beasiswa atas nama mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan
  2. Keputusan resmi yang dikeluarkan oleh Yayasan Salim sama sekali tidak bisa digugat oleh pihak manapun.

KEPUTUSAN REKTOR NOMOR 3200 TAHUN 2017 TTG PENERIMA BEASISWA PPA TH 2017

DOWNLOAD : Keputusan-Rektor-Nomor-3200-Tahun-2017-tentang-Beasiswa-PPA

4 SEPTEMBER 2017

BEASISWA BAKTI BCA 2017/2018

Batas Akhir Pendaftaran : diperpanjang sampai 5 September 2017

DOWNLOAD : BEASISWA BAKTI BCA 2017/2018

25 JULI 2017

BEASISWA ALUMNI GANJIL 2017/2018

Batas Akhir Pendaftaran : 11 Agustus 2017

DOWNLOAD : BEASISWA ALUMNI GANJIL 20172018


Leave a Reply